Banner Top

(Jakarta – haltebus.com) Volvo Group terus mengembangkan teknologi kendaraan listrik berbasis baterai jarak jauhnya. Volvo Trucks North America, Jumat (14/1/22) memperkenalkan Truk Volvo VNR Electric yang memiliki jangkauan hingga 442 km dan manajemen baterai yang lebih baik dari versi yang diluncurkan pada 2020 lalu. “Ini adalah bukti kepemimpinan Volvo Trucks bahwa dalam industri yang terus berkembang, kami menghadirkan versi VNR Electric yang disempurnakan ke pasar setahun setelah penjualan VNR Electric pertama kali dimulai,” kata Peter Voorhoeve, Presiden, Volvo Trucks North Amerika.

Truk Volvo VNR Electric menyasar segmen truk kelas 8 bebas emisi di Amerika Utara yang memiliki rentang kebutuhan beragam. Sebelumnya sudah diperkenalkan varian tractor head 4×2, tractor head 6×2, dan straight truck 4×2. Volvo Trucks North America menambahkan versi straight truck 6×4 dan traktor head 6×4 untuk Volvo VNR Electric lebih baru.
Apa saja yang diperbarui? Volvo meningkatkan teknologi baterai Volvo VNR Electric. Kemampuan baterai diubah, mulai dari perubahan desain yang diperbarui hingga sistem manajemen baterai dan penawaran paket baterai.

Perbaikan desain baterai menghasilkan peningkatan kapasitas penyimpanan hingga 40% setiap baterai. Battery Thermal Management System (BTMS) khusus untuk mengelola dan mempertahankan suhu ruang baterai yang ideal, juga masuk dalam paket pembaruan. Volvo Trucks menawarkan opsi paket enam baterai yang baru. Perubahan ketiga aspek yang diperbarui itu menawarkan peningkatan penyimpanan energi hingga 565kWh dengan jangkauan operasional hingga 275 mil atau 442 km.

Volvo Trucks North America menambahkan versi straight truck 6×4 dan traktor head 6×4 untuk generasi terbaru Volvo VNR Electric/dok. volvogroup.com

Volvo juga mengaplikasikan teknologi penyimpanan energi pengereman regeneratif yang ditangkap dan disimpan kembali ke dalam system. Ini dilakukan untuk memaksimalkan efisiensi energi dan jangkauan operasional. Volvo VNR Electric memiliki kemampuan pengisian daya 250kW, bisa mengisi 80 persen baterai dalam 90 menit untuk paket enam baterai dan 60 menit untuk versi empat baterai.

“Volvo Trucks terus mengembangkan kemampuan VNR Electric untuk membuatnya lebih efisien, memenuhi permintaan pelanggan kami untuk jangkauan yang lebih luas, dan memberikan pengalaman berkendara yang lebih baik,” kata Product Marketing Manager for Electromobility Volvo Trucks North America, Andy Brown.

Menurut Brown Volvo Trucks memiliki keunggulan teknologi yang sudah dikenal luas di Amerika. “Electric Driveline dengan transmisi I-Shift dua kecepatan memberikan akselerasi terbaik di kelasnya, bertenaga, dan mulus. Inovasi seperti Volvo Active Driver Assist dan Dynamic Steering membuat berkendara menjadi mudah dan presisi, sekaligus meningkatkan keselamatan,” ujarnya menjelaskan.

Fokus Volvo Trucks saat ini adalah mendukung pelanggan dalam transisi electromobility dengan memperluas jaringan penjualan electric vehicle (EV) bersertifikat Volvo Trucks. Investasi pemilik armada Volvo VNR Electric sangat dipertimbangkan. Tim penjualan di dealer tersertifikasi untuk Volvo Trucks EV dididik untuk membantu pelanggan melalui transisi menuju electromobility. Tim servis juga dilatih untuk melakukan pemeliharaan dan perbaikan truk listrik berbasis  baterai dengan aman.

Volvo Trucks memiliki dealer bersertifikat di California dan New York, dan bekerja sama dengan banyak dealer di seluruh Amerika Utara agar menyelesaikan sertifikasi mereka. Volvo Trucks juga membangun jaringan tenaga penjualan korporat yang berdedikasi untuk mendukung dealer dan pelanggan, dengan manajer distrik electromobility di seluruh Amerika.

Peningkatan kemampuan baterai didukung Fast Charging mulai 60-90 menit untuk baterai hingga 250 Kwh

“Volvo Trucks adalah yang terdepan dalam industri ini, selalu berinovasi dan berkembang, sambil menjunjung tinggi standar tertinggi dalam desain, konstruksi, dan keselamatan. Tim kami bangga dengan perannya, bersama dengan dealer dan pelanggan, dalam mempercepat peralihan ke electromobility dan masa depan yang lebih sustainable,” ujar Peter Voorhoeve.

Selain dukungan teknis terhadap kendaraan, Volvo Trucks juga menyiapkan skema yang memudahkan pemilik armada dalam berinvestasi. Pendanaan dan insentif merupakan bagian penting dari total perhitungan biaya kepemilikan untuk armada yang menggunakan truk listrik berbasis baterai. Volvo Trucks membantu pelanggan memanfaatkan program pendanaan di seluruh Amerika Utara. Selain itu, Volvo Financial Services menawarkan solusi pembiayaan dan asuransi lengkap untuk Volvo VNR Electric dan charging infratsructure.

Ada juga paket Golden Contract Volvo bersamaan dengan peluncuran awal Volvo VNR Electric untuk memberikan ketenangan pemilik truk listrik baru dari Volvo Trucks. Dalam paket ini ada jaminan perawatan, towing gratis, uptime service dan jaminan penuh untuk komponen utama. Golden Contract diklaim Volvo sebagai kontrak servis tercanggih yang tersedia dan menjadi standar Volvo VNR Electric. (naskah : mai/ foto : volvogroup.com)

Banner Content

Related Article