Banner Top

(Jakarta – haltebus.com) Hino menjadi satu-satunya pabrikan kendaraan komersial Jepang yang masih mempertahankan tradisi kompetisi ketahanan kendaraan. Lewat Dakar Rally 2022, Truk Hino600 Hybrid berhasil menyelesaikan 12 etape selama 14 hari.

“Tim Hino Sugawara yang diawaki oleh Pembalap Teruhito Sugawara, Navigator Hirokazu Somemiya, dan Yuji Mochizuki, naik panggung dengan truk Dakar rally Seri Hino600 dengan pita ikan mas besar yang terpasang di atap, bergembira bersama sorak-sorai penonton dengan melambaikan tangan bersama para crew mekanik,” demikian pernyataan Hino Indonesia yang dirilis Senin (17/1/22) di Jakarta.

Selama 31 tahun keikutsertaannya, tim Hino selalu mencapai garis finish. Dakar Rally adalah salah satu rally yang paling menguji ketahanan kendaraan. Sepanjang sejarah Dakar Rally, sebagian besar medan yang dilalui adalah rute off road, melewati jalan tanah dan pasir di gurun-gurun di beberapa lokasi, mulai Afrika, Amerika hingga Dakar Rally 2022 diadakan di Arab Saudi. Menempuh jarak lebih dari 8 ribu km, ini untuk pertama kalinya diikuti truk hybrid Hino.

Tradisi keikutsertaan Dakar Rally selama 31 tahun, selalu mencapai finish/dok. Hino Motors

Medan pasir, mendominasi Dakar Rally 2022 di Arab Saudi/dok. Hino Motors

“Truk balap Seri HINO600 yang dilengkapi dengan Racing Hybrid System yang memiliki tenaga mesin maksimun 800PS (588kW)/2800 rpm. Dimana ini merupakan pertama kalinya Hino Motors mengikut reli terganas di dunia ini dengan menggunakan truk hybrid,” tulis Hino Indonesia dalam pernyataannya.

Hino600 series adalah medium duty truck yang dipasarkan khusus untuk Amerika Utara, meliputi Amerika Serikat dan Canada. Tak seperti truk yang banyak dipasarkan di Indonesia, Hino600 series memiliki hidung dibagian depannya atau kabin kap mesin.

Hino menjadi satu-satunya pabrikan kendaraan komersial Jepang yang setia mengikuti Dakar Rally/dok. Hino Motors

“Kendaraan yang dilengkapi dengan sistem hybrid ini dikembangkan dalam kurun waktu sekitar dua tahun, dan merupakan proyek yang didukung oleh banyak orang. Saya percaya bahwa hasil ini akan mengarah ke masa depan. Ini balapan yang sangat sulit karena kami tidak pernah memiliki begitu banyak rintangan sebelumnya, untuk itu saya ingin berterima kasih kepada mekanik dan seluruh tim,” ujar Teruhito Sugawara usai berhasil menyelesaikan Dakar Rally 2022. (naskah : mai/foto : dok. Hino Motors)

Banner Content

Related Article