Banner Top

(Jakarta – haltebus.com) pabrikan kendaraan komersial, Volvo merajai pasar truk listrik di Eropa. Pada penjualan 2021 untuk truk heavy all electric di Eropa, Volvo Trucks menguasai 42 persen pasar. Sementara selama tahun 2021 Volvo menerima pesanan, termasuk letter of intent to buy, lebih dari 1.100 truk listrik di seluruh dunia.

“Kami bertekad untuk mendorong revolusi truk listrik dan posisi terdepan pasar kami di Eropa adalah bukti bahwa kami melakukan hal itu. Sekalipun volumenya masih rendah, kami melihat minat yang berkembang pesat, baik di Eropa, Amerika Utara, dan di belahan dunia lain. Pada tahun 2021 kami telah menerima pesanan, termasuk letter of intent to buy, untuk lebih dari 1.100 truk di lebih dari 20 negara. Saya yakin ini menjadi keunggulan kompetitif utama untuk menawarkan transportasi listrik tanpa emisi,” kata Roger Alm, Presiden Volvo Trucks dalam pernyataan tertulisnya, Rabu (16/2/22).

Volvo menyebut, industri truk dunia sedang mengalami transformasi menuju transportasi yang lebih berkelanjutan. Penjualan truk listrik bertenaga baterai mulai meningkat dan Eropa menjadi salah satu Kawasan yang memimpin transisi itu. Semakin banyak truk heavy all electric yang sekarang beroperasi di lalu lintas kendaraan komersial.

President Volvo Trucks Roger Alm melihat peningkatan minat truk listrik yang pesat di Eropa/dok. volvotrucks.com

Transisi energi baru untuk industri kendaraan komersial di Eropa meningkatkan permintaan dalam beberapa tahun terakhir/dok. volvotrucks.com

Volvo menyediakan beragam truk all electric untuk kebutuhan komersial/dok. volvotrucks.com

Statistik dari grup analisis pasar IHS Markit menunjukkan, selama tahun 2021 total 346 truk listrik (≥16 ton) terdaftar di Eropa. Angka ini meningkat 193 persen dari tahun 2020. Volvo Trucks memiliki pangsa pasar terbesar sebesar dengan perolehan 42 persen. Negara-negara di Eropa dengan truk listrik terdaftar paling banyak (≥16 ton) adalah Swiss, Norwegia, Swedia dan Belanda.

“Jelas, angka-angka ini menunjukkan bahwa kami memulai penjualan dengan sangat baik. Dengan jajaran truk listrik yang lebih luas, akan memungkinkan untuk menggemparkan hampir setengah dari transportasi jalan raya yang berat. Proporsi ini akan tumbuh lebih besar lagi seiring dengan bertambahnya jarak yang dapat ditempuh oleh truk listrik dan infrastruktur pengisian daya untuk truk berat semakin berkembang,” kata Roger Alm.

Volvo Trucks memulai produksi massal truk listrik pada tahun 2019. Volvo termasuk salah satu merek truk pertama di dunia yang memproduksi truk listrik secara massal. Ketika produksi model all electric heavy-duty Volvo FH, Volvo FM dan Volvo FMX dimulai musim gugur ini, Volvo akan memiliki lini listrik terlengkap di industri truk global. Volvo menyatakan, telah mengirimkan kendaraan listrik ke berbagai pelanggan di Eropa, Amerika Utara, dan Australia. Target perusahaan adalah bahwa setengah dari total penjualan truk akan listrik pada tahun 2030. (naskah : mai/foto : volvotruks.com)

 

Volvo mengawali produksi massal truk listrik pada 2019, salah satu yang menjadi pionir di industri truk global/dok. volvotrucks.com

 

Statistik IHS Markit tentang jumlah total truk terdaftar ( 16 ton) di Eropa pada tahun 2021 tidak termasuk Inggris:

Country

Total market volume 2021

Switzerland

77

Norway

56

Sweden

47

Netherlands

42

Germany

37

France

25

Denmark

21

Spain

11

Italy

9

Hungary

7

Poland

4

Belgium

3

Czech Republic

2

Finland

2

Ireland

2

Austria

1

Total sum

346

Banner Content

Related Article