Banner Top

(Jakarta – haltebus.com) Operator bus Hungaria, Volánbusz Zrt, memesan 204 unit bus gandeng MAN Lion’s City G (A23). Penandatanganan pemesanan dilakukan pada Desember 2020, namun baru diumumkan laman resmi MAN pada Kamis (13/1/21).

Bus gandeng yang dipesan oleh Volánbusz Zrt diharapkan sudah diterima pada musim panas 2021 mendatang. MAN menyebut pemesanan dalam jumlah signifikan ini sebagai salah satu kesuksesan di Hungaria. “Mulai musim panas 2021, bus akan membawa penumpang dengan aman dan nyaman ke tujuan mereka di seluruh Hongaria,” demikian pernyataan MAN SE.

Managing Director MAN Hungaria, Martin Strier/dok. mantruckandbus.com

Dr Zoltán Pafféri, CEO Volánbusz Zrt/dok. mantruckandbus.com

Managing Director Volánbuszpark Kft, Beatrix Magyar/dok.mantruckandbus.com

Managing Director MAN Truck & Bus di Hongaria, Martin Strier menyebutkan, pembelian bus MAN dan Neoplan dari Volánbusz dalam beberapa tahun terakhir stabil di angka 30-40 an unit. Di Hongaria sendiri, banyak orang memanfaatkan bus untuk transportasi mereka baik di perkotaan, antar kota maupun dari pedesaaan.

Menurut Strier, Volánbusz telah mempercayai bus-bus dari MAN SE selama bertahun-tahun. Dia mengungkapkan, Volánbusz memesan 29 unit bus NEOPLAN Tourliners tahun lalu. Pada 2019, ada 43 unit bus Tourliners yang diserahterimakan. Sementara untuk tahun 2018, jumlah pemesanan Volánbusz ada 31 unit bus dan ada 30 unit bus lainnya yang dibeli di tahun 2017. “Kami sangat senang Volánbusz sekarang juga menginginkan kami menyediakan bus kotanya. Ini adalah kisah sukses yang luar biasa, yang sangat dibanggakan oleh tim kami di Hungaria,” kata Strier menambahkan.

CEO Volánbusz Zrt, Dr Zoltán Pafféri bersama Managing Director di Volánbuszpark Kft Beatrix Magyar menandatangani pemesanan dengan Managing Director MAN Truck & Bus Hungaria, Martin Strier. Volánbusz Zrt akan menerima 72 unit bus, sedangkan Volán Buszpark Kft akan menggunakan 132 unit bus.

MAN Lion’s City G – three-axle articulated city bus?dok. mantruckandbus.com

Memiliki panjang 18 meter, MAN Lion’s City G menawarkan kursi hingga 55 penumpang. Masih tersedia banyak ruang untuk penumpang berdiri. “Menyediakan ruang yang cukup saat ini menjadi jauh lebih penting di era pandemi virus corona. Di bus gandeng kami, penumpang lebih bisa menjaga jarak satu sama lain,” kata Head of Business Unit Bus MAN Truck & Bus, Rudi Kuchta.

Bus gandeng dengan teknologi terbaru itu ditenagai oleh mesin diesel 360-hp (265 kW) yang efisien. Sudah memenuhi standar emisi Euro 6. Transmisi otomatis EcoLife enam percepatan menjamin karakteristik berkendara yang mulus dan konsumsi bahan bakar sesedikit mungkin.

Kuchta menambahkan, dengan memilih bus gandeng MAN yang canggih, Volánbusz memenuhi keinginan banyak penumpang. “Kami sedang mengerjakan asumsi bahwa persyaratan keselamatan penumpang dan keinginan untuk lebih banyak ruang karena virus corona akan meningkat di masa depan,” katanya.

MAN Lion’s City G – interior/dok. mantruckandbus.com

Perusahaan transportasi di Hungaria juga telah mempertimbangkan untuk akses penumpang dengan kebutuhan khusus, seperti penyandang disabilitas dan orang tua. Mereka membutuhkan bus berlantai rendah yang dilengkapi dengan platform untuk akses kursi roda dan kereta bayi di pintu masuk dan keluar bus.

Bus-bus MAN Lion’s City G, menurut Kuchta memiliki sistem pendingin udara yang kuat. Ada sistem informasi pengemudi elektronik, penghitungan penumpang dan berbagai sistem bantuan keselamatan. “Volánbusz telah menjalankan misinya untuk memenuhi bahkan tuntutan tertinggi, untuk meningkatkan standarnya sendiri dan untuk memastikan bahwa perjalanan pelanggan aman dan nyaman setiap saat,” kata Rudi Kuchta lagi. (naskah : mai/foto : mantruckandbus.com)

Banner Content

Related Article