Banner Top

(Jakarta – haltebus.com) Scania akan memasok lima truk listrik berbasis baterai dan charging station 1,6 MW untuk Falkenklev Logistik, perusahaan angkutan asal Swedia. Perusahaan itu tengah merencanakan charging station untuk 22 kendaraan listrik di depot mereka di Malmö. “Stasiun pengisian dan taman surya adalah ide yang saya miliki selama beberapa tahun,” ujar CEO Falkenklev Logistik Victor Falkenklev, Kamis (3/2/22) dalam rilis yang dipublikasikan Scania.

Depot baru itu berpotensi diperluas hingga bisa memuat 40 kendaraan secara bersamaan. Fasilitas ini akan menjadi charging station truk terbesar di Swedia, saat beroperasi akhir tahun 2022. Terwujudnya depot charging station itu adalah hasil dari proyek imajinatif yang melibatkan beberapa perusahaan di ekosistem transportasi dan energi terbarukan.

“Dengan kebutuhan untuk menjadi lebih berkelanjutan dan cara harga solar meningkat, cukup jelas bagi saya bahwa kami harus melakukan sesuatu, dan kami berkomitmen untuk menyetrum armada kami. Listrik dihasilkan oleh tenaga surya, yang membuatnya listrik yang 100 persen terbarukan. Ini adalah momen yang sangat membanggakan bagi kami,” kata Falkenklev.

Falkenklev Logistik menyiapkan depot untuk charging station masa depan, melayani kebutuhan truk di luar armada mereka/dan boman-scania.com

Falkenklev Logistik menjalankan skema transisi komprehensif bebas karbon/dan boman-scania.com

Skema Falkenklev Logistik adalah kunci menuju seluruh armada kendaraannya bertenaga listrik. Lima truk 4×2 listrik berbasis baterai dari Scania digunakan untuk mendistribusi barang di seluruh Skåne, Swedia Selatan. Bodi truk dibangun di SKAB, di Ätran, Halland.

Peralatan charging station di Malmö itu akan dipasok oleh pabrikan Finlandia Kempower dan dikirimkan dengan truk Scania. Sistem ini dibangun di atas smart technology yang dapat memasok energi berdasarkan jumlah kendaraan yang mengisi tenaga listrik secara bersamaan. Output daya maksimum di awal per kendaraan sebesar 250 kW dan punya kemampuan ditingkatkan menjadi 320 kW per kendaraan di masa depan.

Perencanaan fasilitas pengisian ini sudah dipertimbangkan membuat fasilitas yang bisa bertahan di masa depan. Tak hanya itu, fasilitasnya juga memungkinkan pengisian kendaraan baterai-listrik generasi mendatang, dengan baterai yang lebih besar dan jangkauan yang lebih jauh. Bahkan, Falkenklev juga membuka pengisian daya listrik untuk kendaraan umum, di luar armada perusahaan. Charging station itu bisa dimanfaatkan untuk truk pengangkut jarak jauh yang melintas kota Malmö.

Falkenklev juga telah menugaskan perusahaan energi surya Soltech Energy Solutions untuk membangun taman panel surya seluas 1,5 hektar. Bersama dengan taman panel surya itu, juga dibangun sistem penyimpanan energi baterai 2 MW. Perencanaan fasilitas ini menjadikan proyek di Falkenklev sebagai pusat energi canggih.

Scania 25 P BEV 6×2 bulk transport mengisi baterai di tengah perjalanan/dan boman-scania.com

Skema solusi untuk truk jarak jauh dalam transisi menuju listrik bebas emisi sangat penting/dan boman-scania.com

Head of e-Mobility Scania, Fredrik Allard, mengatakan, inisiatif ini adalah contoh sempurna, bagaimana membangun ekosistem dan model pengguna baru. Model kerja sama itu menghasilkan solusi kebutuhan listrik yang sangat dibutuhkan dalam rangka mendekarbonisasi sistem transportasi. Tentunya, untuk menjaga tujuan menuju bebas emisi secara berkelanjutan untuk jangka panjang. “Kami menyediakan solusi e-mobility untuk proyek ambisius, ini adalah bukti lebih lanjut dari perkembangan pesat elektrifikasi di industri transportasi berat,” kata Allard.

Solusi inovatif, sustainable dan ekonomis untuk kepentingan publik itu sebagian akan dibiayai dana perubahan iklim dari badan perlindungan lingkungan Swedia, Naturvårdsverket. Lembaga ini akan menutupi kebutuhan setengah biaya proyek SEK18 juta dan Falkenklev biayai sisanya.

CEO Kempower, Dan Tomi Ristimäki, menambahkan, mereka melihat kendaraan berat dan logistik sebagai bagian yang penting dari elektrifikasi transportasi dan logistik. Dia menyatakan,  Kempower  siap membantu pengembangan proyek serupa. “Kami sangat senang dapat menyediakan teknologi pengisian daya DC ke situs publik terbesar di Swedia untuk truk listrik dan berharap untuk lebih mengembangkan solusi pengisian cepat untuk truk listrik (berbasis) baterai,” katanya. (naskah : mai/foto : dok. Scania.com)

Banner Content

Related Article